YOSSILIA

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Tunggu Saya Di Kelas Editor

Tunggu Saya Di Kelas Editor

Mengetahui akan dibuka kelas editor, awalnya saya tidak berminat. Dari beberapa pemaparan teman yang sudah mengikuti kelas editor, mereka banyak yang berkomentar bahwa jadi editor itu sangat menyiksa.

Tapi saya makin penasaran. Saya mencoba untuk mendaftarkan diri melalui link pendaftaran yang resmi dibuat tim MediaGuru. Selanjutnya melakukan pendaftaran valid dengan cara mentransfer biaya pendaftaran ke rekening yang telah di tetapkan.

Sebelum datang ke kelas editor, saya menghadiri kelas menulis di Pekanbaru pada tanggal 2 – 3 November 2017 sebagai panitia yang ikut menfasilitasi teman-teman Riau khususnya, tetapi tidak berkemungkinan teman dari Riau pun banyak yang hadir.

Tim Riau bersama tim Sumatera Barat serta nara sumber bunda Istiqomah berbarengan satu pesawat menuju Jakarta untuk mengikuti kelas editor, seusai pelatihan kelas menulis Pekanbaru.

Tempat pelaksanaan kelas editor bertempat di SMP Islam Al Ikhlas Cipete. Hari pertama datang ke lokasi, saya kaget dan terkagum-kagum melihat sekolah yang luar biasa megahnya. Wah saya menghayal pasti lokasi yang sangat nyaman.

Sebelum masuk lokasi pelatihan, saya sempat sarapan ketoprak di depan sekolah. Saya mengamati ternyata cabai dan bumbu lain digiling dalam piring bersama bumbu lainnya. Hal ini belum pernah saya jumpai, biasanya menggiling bumbu didalam batu giling.

Tibalah sesi pemaparan sang editor handal MediaGuru mas Eko alis pak RT. Pemaparan yang disampaikan tentang syarat dan ketentuan menjadi editor sebenarnya tidaklah sulit dan bisa ditempuh.

Berada di kelas editor, latihan yang diberikan oleh nara sumber mulai dari mengedit berita, naskah teman sampai naskah kita sendiripun dilalui. Setelah semua saya lalui ternyata memang benar bahwa menjadi seorang editor benar-benar harus sabar, apalagi menghadapi tulisan yang sangat menyiksa dan membuat kepala berasap.

Manfaat yang besar saya rasakan berada di kelas editor, setidaknya saya bisa belajar swasunting terhadap naskah saya sendiri. Sehingga bisa meminimalkan kesalahan terhadap naskah sebelum di setor ke editor.

Ternyata menjadi seorang editor butuh wawasan dan pengetahuan yang lebih, selain itu butuh kesabaran yang ekstra besar.

Selain itu bertemu para alumni kelas menulis yang super gokil.

Yossilia

Kelas Editor Jakarta

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Selamat ya.. Bu dari tahapan editor melesat ke ToT Mantap.

14 Mar
Balas

Bu yos, saya juga dikoreksi penggunaan kata 'handal' oleh mas eko. Kara yang benar adalah andal.

05 Nov
Balas

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali